Puding Tape Ketan Hijau


Tape Ketan adalah favorit saya. Cita rasanya yang khas sungguh membuat saya selalu tidak tahan untuk menolaknya. Rasa asem campur manis dan legit yang menyegarkan mulut. 



Pembuatan tape ketan cukup rumit bagi saya. Dari beras ketan yang harus direndam dahulu, kemudian dikukus, baru ditaburi ragi dan ditunggu 1 - 2 hari untuk fermentasinya. Saya kurang sabar kalo suruh bikin sendiri. Di keluarga saya, yang paling enak bikin tape ketan adalah budhe saya di Magelang. Setiap lebaran, budhe selalu membuat berkilo-kilo tape ketan. Saya pun ketika sampai ke rumahnya, yang saya tuju adalah bungkusan daun pisang kecil. Berbungkus-bungkus tape ketan pasti saya habiskan dalam sekejap, hehehehe....
Sampai ketika saya hamil Shidqi, waktu itu belum tau sih kalo hamil, saya menghabiskan 20 bungkus tape ketan pemberian saudara. Alhamdulillah Allah masih melindungi saya dan bayi saya. Walau habis tape ketan banyak, kami tetap sehat hingga sekarang. Karena katanya kan kalo orang hamil ga boleh tu makan tape ketan. Tape ketan mengandung alkohol alami hasil fermentasi, jadi diperut akan terasa panas, alasannya seperti itu.


Berikut resep puding tape ketan hijau ala saya. Kebetulan kemarin ke pasar, nemu tape ketan. Dah lama banget ga makan tape ketan. Terus kepikiran mau buat puding, akhirnya jadilah puding tape ketan.

Resep Puding Tape Ketan Hijau

Bahan I :
  • 200 gr tape ketan hijau
  • 1 bungkus agar agar plain
  • 600 ml air
  • 1 sdt garam
  • 7 sdm gula pasir (bisa ditambah jika suka manis)
  • 100 ml air perasan daun pandan (3 lembar daun pandan blender dengan air, saring)
Bahan II :
  • 700 ml santan 
  • 1 bungkus agar agar plain
  • 1 sdt garam
  • 7 sdm gula pasir 
  • 1 lembar daun pandan diikat
Cara Membuat :
  1. Masak bahan 1 kecuali tape ketan, setelah mendidih baru tape ketan dimasukan, aduk bentar, tuang ke loyang puding
  2. Tunggu adonan 1 set
  3. Masak bahan 2, aduk terus agar santan tidak pecah
  4. Tuang adonan 2 di atas adonan 1, setelah uap panas hilang, masukan ke kulkas. Biarkan 3 jam di kulkas agar puding kokoh.



Seger banget ni... pas banget buat buka puasa atau disantap ketika siang hari...

Selamat Mencoba ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar