Udang Goreng Pasir


Udang goreng pasir, bukan berarti udangnya digoreng pake pasir ya... hihihihi
Pertama kali makan udang goreng pasir ini di sebuah hotel di Balikpapan. Waktu itu awal - awal saya tinggal di sana, biasa kan orang marketing, kesana kemari cari klien, akhirnya dapet undangan makan siang di hotel hehehe... lumayanlah ya... 
Ini lammaaa banget juga buatnya, bayangin, saya di Balikpapan kan dari bulan Juli 2012, dan ini saya tulis bulan Juni 2016 hihihi.... untung fotonya ga basi yakan...

Balik ke resep udang goreng pasir, rasa penasaran selalu menghantui saya, apalagi untuk jenis makanan yang belum pernah saya makan dan rasanya enak.... sedikit tanya - tanya dengan mas pegawai hotel yang saya temui, dari infonya udang ini digoreng dengan telur asin. Informasi yang terbatas, tapi cukup untuk melakukan experiment. Akhirnya, hari minggu ke pasar Klandasan, beli telur asin mentah dan udang mentah. Sampai rumah eksekusi deh...

Resep Udang Goreng Pasir 

Bahan :
  • 250 gr udang ukuran sedang, buang kepalanya dan bersihkan bagian punggungnya
  • 2 buah jeruk nipis
  • sedikit garam
  • 3 buah telur asin mentah, kocok lepas
  • minyak untuk menggoreng
Cara membuat :
  1. Lumuri udang dengan garam dan air jeruk nipis, diamkan 30 menit. 
  2. Cuci udang hingga bersih, tiriskan
  3. Masukan udang ke dalam kocokan telur asin
  4. Siapkan minyak yang agak banyak, dengan api sedang. Goreng dengan tehnik sedikit dilempar dan telur diangkat tinggi, agar muncul remahan. Lakukan sampai habis
  5. Udang goreng pasir siap disantap.
Selamat mencoba ya...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar