GUDEG KOMPLIT - KHAS SOLO


20 Ramadhan 1437H

Ramadhan semakin meninggalkan kita, sediiiiihhhh rasanya... pinginnya tiap bulan itu Ramadhan, bulan yang penuh berkah... 
Sudah lah ya bapernya hihihi....

Mari kita siapkan menu buat buka puasa aja, kali ini saya pingin banget bikin gudeg yang coklat yang kayak beli di Bu Mari Singosaren, Mbok Jayus Jogja... hihihi kejauhan lah ya, saya ini cuma ibu rumah tangga biasa yang baru belajar masak, belumlah kalo bisa sehebat mereka para master gudeg.

Saya pribadi lebih suka gudeg Solo, apa sih perbedaan gudeg Solo dan gudeg Jogja? Sama aja deh kayaknya. Ada sedikit perbedaan ya teman teman.... 
Gudeg Solo itu lebih basah, ada sedikit kuahnya, nyemek gitu, jadi ada gurih dari kuahnya
Gudeg Jogja lebih kering, biasa ada blondonya, manisnya banget...
Itu perbedaan gudeg Solo dan Jogja dari sudut pandang saya ya temen teman....
Tapi keduanya sama sama menggoda iman, ga ada yang nolak sama makanan Khas ini... 

Kali ini saya buat gudeg Solo karena saya tinggal di Solo hehehe.... tapi saya ga pakai ceker, pakai ayam suwir... Memasak gudeg komplit berarti harus masak 3 jenis masakan, yaitu gudeg sendiri, ayam dan telur sebagai lauk, dan yang bikin tambah nyamleng yaitu si sambel goreng krecek. Resep ini juga hasil tanya tanya sama ibu, resep saya modifikasi tapi hihihi... 

Resep Gudeg Komplit 

A. Gudeg 

Bahan :
  • 1kg nangka muda, cari yang benar - benar muda
  • 200gr gula merah, cari warna yang gelap (nanti kalo masih kurang bisa ditambahi)
  • 8 lembar daun salam
  • 2 ruas lengkuas
  • 2 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • gula pasir dikit
  • 1  - 1,5 liter santan kental (jika dituang setinggi tataan nangka muda)
  • 2 lembar daun jati
Bumbu halus :
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • garam secukupnya
Cara membuat :
  1. Siapkan periuk dari tanah liat, jika tidak punya pakai panci biasa aja
  2. Tata daun jati, daun salam, lengkuas, daun jeruk, serai, gula merah, bumbu halus, nangka muda, santan, daun jati. Masak kurang lebih 4 - 6 jam , setiap 1 jam diaduk, dan tes rasa ya... udah pas apa belum. Untuk gudeg Solo ini masaknya tidak perlu sampai kering, sisakan sedikit kuah ya. 
B. Sambel Goreng Krecek

Bahan :
  • 100 gr krecek kualitas bagus, yang gendut dan transparan
  • beberapa potong tahu (saya tidak pakai, kebetulan pas habis)
  • kacang tholo (saya tidak pakai)
  • santan encer (saya tidak pakai, saya mengurangi kolesterol hihi) 
  • cabai rawit utuh sesuai selera
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 ruas jahe
Bumbu halus :
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • cabai merah sesuai selera
  • terasi dikit
  • garam secukupnya
  • gula pasir dikit
  • gula merah dikit
Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus hingga harum
  2. Masukan semua bahan kecuali santan dan cabai rawit, aduk rata
  3. Masukan santan, aduk terus hingga mendidih dan kuah sudah menyusut
  4. Masukan cabe rawit, aduk sebentar , angkat
C. Ayam dan Telur

Bahan :
  • 1/2 ekor ayam kampung
  • 4 butir telur
  • 3 lembar daun salam
  • 1 ruang lengkuas
  • 1 ruas jahe
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai, memarkan
  • santan kental sesuai selera
  • gula merah sesuai selera
  • gula pasir dikit
  • kecap manis dikit (biar warnanya coklat)
Bumbu halus :
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/1 sdt merica
  • 1 ruas kunyit
  • garam secukupnya
Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus hingga harum, masukan semua bahan, aduk hingga mendidih
  2. Masak hingga kuah mengental dan menyusut



Dapat Pujian dari suami nih saya... gudegnya enak banget katanya... Alhamdulillah... kata anak saya juga, sayur gurihnya enak buk... Capek masak dan dapat pujian dari orang orang tersayang, capeknya langsung ilang... 

Selamatv Mencoba ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar