Banana Cake


Banana Cake ini pesenan Mbak Davina di Baluwarti Solo. Anaknya hobby banget maem cake. Untuk resep banana cake saya pakai punya Mbak Ricke Indriani di blognya Just My Ordinary Kitchen. Saya sangat terinspirasi dengan blognya. Resep asli banana cake bisa dilihat disini. Saya sedikit memodifikasi resep, bukan apa - apa, hanya menyeseuaikan saja dengan apa yang saya punya di dapur hehehe....

Resep Banana Cake 

Bahan :

  • 5 buah pisang ambon yang sudah matang sekali
  • 50 ml susu cair, suhu ruang
  • 4 butir telur
  • 200 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 300 gr terigu protein sedang
  • 25 gr maizena (saya tidak pakai, pas kehabisan)
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt soda kue
  • 1 sdt vanila
  • 200 gr mentega / margarin, lelehkan
Cara membuat :
  1. Panaskan oven, sipakan loyang tulban, saya pakai 20x7, olesi margarin dan taburi terigu tipi saja
  2. Hancurkan pisang ditambah susu cair, lumatkan dengan garpu
  3. Ayak terigu, baking powder, dan baking soda 
  4. Mixer telur, gula dan garam hingga mengembang, putih dan kental sekali
  5. Masukan campuran pisang dan susu dalam 2 tahap menggunakan spatula, aduk rata
  6. Masukan campuran terigu yang telah diayak, dalam 3 tahap, aduk merata dengan tehnik aduk balik
  7. Masukan vanila dan mentega leleh, aduk balik hingga rata
  8. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya dan hentakan agar udara yang terperangkap keluar
  9. Oven dengan api sedang di rak tengah selama 45 - 50 menit, tes tusuk dan tes permukaan
  10. Keluarkan dari loyang. Siap disajikan
Selamat mencoba ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar