Tahu dan Tempe Bacem


Tahu dan tempe bacem, lauk tradisional Indonesia. Saya, bisa kalap kalo liat 2 jenis baceman ini, apalagi ada cabe rawit sebagai ceplusannya.... hihihi....
Di daerah Yogya ada tahu dan tempe bacem yang sangat terkenal, yaitu Tahu dan Tempe Bacem Mbah Carik. Di sana, tahu dan tempe bacem dilengkapi dengan jadah, jadi makannya bareng jadah gitu... heemmmm nikmat bingit... 
Balik lagi ke tahu dan tempe bacem khas keluarga saya. Resep tahu dan tempe bacem saya dapat dari ibu saya, Bu Narti... Dan ibu saya dapat resepnya dari simbah putri saya " Mbah Darmo". Rasa tahu dan tempe bacem buatan simbah dan ibu saya ga kalah lho sama punya Mbah Carik hehehe...

Resep Tahu dan Tempe Bacem

Bahan :
  • 1 kotak tempe, potong jadi beberapa kotak kecil (saya 16 potong)
  • 16 buah tahu
  • 2 lembar daun salam
  • 2 ruas jari lengkuas
  • 3 biji asam jawa
  • 200 ml air kelapa
  • 250 gr gula jawa, yang manis dan agak coklat ya biar hasil baceman warnanya bagus
  • 150 ml kecap manis
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdt garam 
  • air secukupnya, sampai merendam tahu dan tempe
Bumbu halus :
  • 15 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 2 sdt ketumbar
Cara Membuat :
  1. Tata tahu dan tempe di panci besar
  2. Masukan bumbu halus, tuang air kelapa, tambahkan daun salam, lengkuas, asam jawa, gula jawa, kecap manis, gula pasir, garam dan air. Aduk perlahan agar tahu tidak rusak.
  3. Masak dengan api sedang sampai mendidih, tes rasa ya, kecilkan api dan masak hingga bumbu meresap dan warna kecoklatan. Bagian terakhir ini membutuhkan waktu lama, demi mendapatkan warna baceman yang bagus
  4. Bisa disajikan tanpa digoreng untuk mengurangi kolesterol. Namun, bagi yang suka digoreng, silakan digoreng sebentar saja. 
Tips :
  • Pastikan panci anti lengket ya, karena endapan gula bisa menjadikan bawah panci berkerak
  • Penggunaan asam jawa dan air kelapa berfungsi sebagai pengawet dan pengenyal alami, jadi tahu tidak mudah hancur. Rasa baceman juga akan kaya rasa, ada asem - asemnya gitu. hihihi
  • Tiriskan tahu dan tempe bacem, simpan dalam container, bisa disimpan dikulkas, dan tahan hingga 3-4 hari. Tapi kalo di rumah saya ga tahan tu 3-4 hari, tahan 2 hari aja bagus banget hihihi... suami dan anak hobi banget soalnya... 
  • Resep ini bisa digunakan untuk memindang telur dan baceman ayam
Selamat Mencoba Ya....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar