Manuk Nom - Puding Khas Keraton


MANUK NOM... mungkin banyak yang belum pernah dengar dessert ini. Manuk Nom adalah sejenis puding. Puding khas Keraton Yogyakarta yang merupakan kegemaran Raja - Raja. Manuk Nom berbahan dasar tape ketan hijau. Dulu ketika simbah saya yang tinggal di Yogya masih ada, beliau sering membuat ini. Alhamdulillah, waktu itu saya ikut membuat, jadi masih inget banget apa aja bahan yang harus disiapkan. 

Resep Manuk Nom (Resep Asli by Mbah Putri Danukusumo)

Bahan :
  • 300 gr tape ketan hijau (waktu itu simbah saya takarannya pakai centong nasi, tape ketan beliau buat sendiri, jadi rasa lebih enak, tapi saya ga sempet kalo buat sendiri hihihi)
  • 350 ml susu segar (bisa diganti santan)
  • 150 gr gula pasir (jika suka manis bisa ditambahkan)
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • Daun pandan secukupnya (saya pakai 2 lembar)
  • Sejumput garam
  • 1 sdm terigu (sebagai pengikat)
Pelengkap : Emping goreng secukupnya

Cara Membuat :
  1. Kocok dengan whisk telur, gula, garam, dan susu, aduk hingga rata
  2. Masuk terigu yang telah diayak, kocok hingga tidak bergerindil. 
  3. Tambahkan tape ketan hijau, aduk rata
  4. Tuang adonan ke cetakan yang telah diolesi minyak goreng, alasi dengan daun pandan.
  5. Kukus selama 15 - 20 menit hingga matang, angkat dan dinginkan (paling enak dimasukin kulkas dulu)
  6. Sajikan dengan emping goreng



Rasa tape ketan yang legit pas banget disantap ketika cuaca terik. 

Silakan dicoba ya...
Selamat ber-foodsperiment....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar