Resep Marmer Cake (Bolu Jadul)


Cake ini sudah saya kenal sejak saya kecil, ibu saya sering buatin... Dulu pake panci bulet gedhe yang tengahnya juga bolong.... 
Akhir - akhir ini berseliweran lagi cake ini. Jadi pingin buat pake resepnya ibu yang tanpa SP, ovalet, TBM ataupun baking powder....
Saya bagi deh Resepnya

Bahan :
  • 4 butir telur utuh
  • 100gr gula pasir
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 80 gr terigu protein sedang
  • 2 sdm susu bubuk
  • 80 gr margarin, dilelehkan
Cara Membuat :
  1. Panaskan oven. Siapkan loyang tulban ukuran 18x7, olesi margarin dan taburi terigu tipis saja
  2. Mixer telur, gula, dan vanili hingga mengembang, kurang lebih 10 menit. Telur harus yang masih bagus dan suhu ruang ya. Mixer hingga membentuk jambul petruk (kata ibu saya)
  3. Masukan terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit sambil diaduk, aduk sampe rata
  4. Masukan margarin leleh, aduk balik sampe rata ya
  5. Tuang adonan ke loyang, oven dengan api sedang menuju kecil di rak tengah (saya pakai otang) selama 30-35 menit, tes tusuk ya.
  6. Tunggu 2-3 menit setelah cake dikeluarkan dari oven, baru dikeluarkan dari loyang.
  7. Siap disajikan

Tekstur cakenya tetep lembut walo tanpa bahan pengembang, ya memang tidak selembut cake yang pake pengembang sih, tapi kan lebih sehat... :)

Selamat Mencoba





Tidak ada komentar:

Posting Komentar