Resep Brudel Cake Khas Manado


Brudel Cake, agak asing di telinga saya, saya tau jenis cake ini dari salah satu Grup Masak di FB. Terus googling cari resepnya, dan nemu resep punya mbak Ricke Indriani di blognya Just My Ordinary Kitchen. Resep aslinya ada disini

Saya bantu catatkan disini ya untuk resepnya...

Bahan :
  • 275gr tepung terigu protein sedang
  • 100gr gula pasir halus
  • 50gr susu bubuk
  • 1/2 bungkus ragi instan
  • 3 butir telur kocok lepas
  • 100ml air hangat
  • 75gr margarin / mentega (tidak usah dilelehkan)
  • 30gr keju chedar parut (saya gunakan untuk taburan)
  • 25gr kacang kenari (saya tidak pakai, kebetulan pas ga punya hehehe)
  • 100gr fruit mix (kismis dan chery) untuk taburan


Cara Membuat :
  1. Campur semua bahan kering : terigu, susu bubuk, gula pasir halus, dan ragi instan, aduk rata lalu diayak pada wadah yang cukup besar
  2. Masukan telur, aduk rata
  3. Masukan air sedikit demi sedikit aduk sampe rata dan halus
  4. Masukan margarin / mentega, aduk hingga rata dan lembut
  5. Tuang adonan di loyang tulban ukuran 30x7, oles dengan margarin dan taburi dengan sedikit tepung, ratakan permukaan adonan, diamkan 45 menit hingga mengembang
  6. Taburi permukaan dengan kenari, keju, fruit mix
  7. Oven, saya menggunakan oven tangkring, lama mengoven sektitar 50 menit dengan api sedang di rak tengah
  8. Panas panas oles permukaan dengan mentega agar permukaan tetap moist.
Cake ini mempunyai sensasi yang berbeda dengan cake lainnya, karena menggunakan ragi instan jadi rasanya mirip roti. Cake ini menjadi salah satu favorit di lapak saya, juga favorit suami. 
Silakan mencoba ya...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar