Tips dan Trik Ala Saya Saat Ramadhan

Saya mau bagi - bagi tips n trik ala saya saat Ramadhan nih (gaya banget ya... hihihi)
Saya adalah ibu rumah tangga yang bekerja. Menjadi ibu yang bekerja jangan sampe menghalangi kita untuk tetap memberikan service terbaik untuk kelurga kita kan? Walau kadang capek dan pegel - pegel mendera, tapi kalo lihat orang-orang yang kita cintai bahagia, capek akan langsung ilang. Pastinya, saya ga boleh sakit. Itu penting ! Sekali saya sakit, semua pekerjaan rumah akan menumpuk. Kita ga mungkin dong membebani suami kita yang juga udah capek cari nafkah untuk melakukan semua pekerjaan rumah tangga. Berikut tips n trik ala saya :

  1. Minum vitamin / suplemen makanan (ini untuk mengcover tubuh, karena saya pulang pergi naik motor)
  2. Olahraga ringan sehabis solat subuh
  3. Saat sahur : bangun tidur minum segelas air hangat, memasak, sahur, dalam sahur perbanyak makan buah dan minum air putih. Usahakan jangan tidur lagi ya, tapi kalo ngantuk berat bolehlah tidur sebentar hihihi. Biar ga ngantuk, kita bisa meracik menu untuk buka puasa nanti. 
  4. Pulang kerja sampai rumah jam 16.30, mepet banget yakan. Langkah awal membuat minuman dulu, kalo udah diracik tadi pagi, sore harinya ting cemplang cemplung. Habis itu buat takjil, yang simpel aja, dan buatnya ga perlu banyak, sekiranya cukup buat orang di rumah. Lanjut membuat menu utama. Kalo udah diracik pagi, biasanya membuat 4 jenis masakan memakan waktu 90 menit. Dengan catatan : bumbu dasar juga sudah kita buat (bumbu dasar merah, putih, kuning, bacem bawang). Saya biasa buat bumbu dasar seminggu sekali pas hari minggu, saya simpan dikulkas. Menu buka puasa ala saya ada disini
  5. Habis tarawih, kita siapkan menu sahur. Menu sahur simple ada disini
  6. Istirahat cukup, ga usah nonton sinetron dulu... demi ibadah di bulan Ramadhan lancar
  7. Jika kebetulan di kantor lembur, kita bisa membeli takjil di Pasar Ramadhan yang pastinya aman untuk keluarga kita. Minuman cukup teh hangat atau es sirup saja. Tidak perlu memaksakan sesuatu hal untuk menjadi sempurna. Kita kan cuma wanita biasa, ya ga hihihi... Tapi paling tidak kita sudah berusaha sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan kita. 
  8. Kapan belanja sayur dan lauknya? Kalau saya, seminggu sekali saya ke pasar. Simpan bahan mentah lauk dan sayur dalam keadaan bersih kedalam container, kemudian masukan ke kulkas. Sayuran kita cuci bersih, kita angin - anginkan bentar, masukan dalam container kering, masuk kulkas. Ini akan tahan 6 hari. Yang penting kalo sayur, jangan kena pisau dan garam, biar ga busuk. Bahan lauk : sama seperti sayur, cuci bersih, tiriskan, masukan container, masukan kulkas. Cabe juga, cabut tangkai cabe, cuci bersih, tiriskan, masukan container, masukan kulkas. 
Selamat menjalankan ibadah puasa ya... Semoga ibadah kita diterima Allah... Aamiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar